Sunday, January 28, 2018

Penyebab bunga cabai gugur dan rontok


Bunga cabai rontok dan gugur


Petani Indonesia - Akhir-akhir ini,  memasuki awal tahun antusiasme petani menanam cabai sangat tinggi sekali.  Namun seperti pada tahun sebelumnya, masih terdapat kendala, salah satu nya,  Bunga cabai gugur/rontok. 
"Bagaimana kira-kira solusi nya?? "
Pertanyaan singkat dari anda yang sekarang ini mungkin sedang dalam masa penanaman cabai.

Namun pernyaan ini menurut saya kurang tepat.
Sebelum saya menjawab bagaimana solusi pertanyaan tersebut, kita harus tau apa penyebab dari bunga cabai rontok itu.
Hal jadi mengingat kan kita tentang bagaimana cara menanam cabai yang susah-susah gampang.

Kadang kita sudah paham teori dan pengalaman yang sebelum nya, namun karena rasa panik yang melanda akhirnya jadi bingung sendiri deh.
Kembali ke topik permasalahan tentang Penyebab bunga cabai gugur/rontok. 

Bunga cabai yang rontok adalah salah satu masalah yang muncul saat usia tanaman memasuki gereratif.  Bisa karena banyak faktor tapi tidak jauh dari teknik budidaya.
Baiklah mari kita analisa sama-sama,

Apa sih penyebab bunga cabai gugur/rontok. 

1. Kebanyakan NITROGEN

Memasuki masa pembungaan,  kebutuhan nitrogen cenderung menurun.  Hal ini dikarenakan nitrogen dibutuhkan banyak pada saat masa pertumbuhan, pembentukan cabang dan ranting tanaman. 

Seringkali ada saja petani yang memberi pupuk N berlebihan seperti UREA atau pupuk N tinggi pada tanaman cabai yang sedang masa berbunga. Tak lama kemudian yang berdampak pada bunga cabai nya banyak yang rontok. 

Pada kondisi ini sebaik nya hentikan penggunaan pupuk N tinggi. Mulai aplikasikan pupuk kalsium, boron serta kallum agar tangkai bunga lebih kokoh dan tidak mudah rontok. 


2. Serangan hama trips

 hama trips adalah hama yang sangat Setia menyerang tanaman cabai terutama pada ujung daun muda dan bunga.  Ujung daun yang cling dan mulus adalah salah satu tanda bahwa tanaman cabai anda  sehat dan aman dari serangan hama trips. 

Keberadaan hama trips pada bunga cabai nyatanya tak bisa dianggap sebelah mata, terutama populasinya melebihi ambang batas ekonomi. 

Diketahui juga ternyata trips juga suka menghirup cairan pada bunga cabai. Nahh ini lah sebab nya mengapa bunga cabai menjadi rontok.  Untuk mengatasi masalah ini, terlebih dulu anda mesti mensterilkan tanaman anda dari hama trips. 

Selain karena serangan hama trips,  bunga cabai pada tanaman yang terserang virus (gemini / mozaik) juga muda rontok.  Hal ini diduga akibat metabolisme dalam daun terganggu akibat serangan virus tersebut. 

3. Kekeringan

Kekeringan merupakan gejala tanaman yang mengalami kekurangan air.  Biasa nya terjadi pada musim kemarau dimana persedian air berkurang. 
Biasanya tanaman yang mengalami kekurangan air daunya menggulung ke atas. 

Saat kekeringan perkembangan tanaman menjadi terhambat. 
Jika kekeringan terjadi saat masa pembungaan maka bunga mudah sekali rontok.  Jika pada saat pembentukan buah,  maka buah menjadi tidak bobot. 

Mengatasinya dengan memperbaiki sistem irigasi atau pengairan,  sehingga kebutuhan air pada masing-masing masa pertumbuhan tercukupi. 

4. Overdosis pestisida

Aplikasi pestisida terutama kimia harus berdasarkan petunjuk, khususnya dosis.  Seringkali petani aplikasikan pestisida berlebihan sehingga menyebabkan gejala overdosis. 

Gejala overdosis ditunjukan dengan ujung daun (pupus) tanaman yang terbakar. Untuk mencegah agar tidak overdosis gunakan dosis anjuran paling minimal, jika masih belum efektif naikan sedikit demi sedikit hingga sampai dosis yang pas. 

Baca juga : Bahaya Pestisida 

5. Aplikasi ZPT Berlebihan

ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) atau (PGR) mempunyai fungsi untuk merangsang tanaman agar mudah berbunga, diluar musim sekalipun.
Biasa nya petani cabai memakai  ZPT Giberelin  untuk merangsang munculnya pembungaan serentak.

Namun perlu diperhatikan agar aplikasi nya berdasarkan dosis anjuran dan tidak berlebihan.
Walau berfungsi untuk memacu pembungaan, kalau berlebihan justru membuat buat bunga cabai rontok.

Bunga cabai rontok dan gugur
Tanaman cabai yang bunga nya gugur atau rontok

Nahh sobat Petani Indonesia,  itu lah beberapa faktor "penyebab bunga cabai gugur/rontok"
Berdasarkan penelitian/analisa kami seperti itu,  mungkin anda punya pengalaman yang berbeda terutama karena perbedaan geografi (tempat, lokasi)  iklim dan musim tanaman. 

Dan karena bunga cabai rontok disebabkan aspek budidaya, maka cara mencegah mengatasi bunga cabai rontok tentu memperbaiki dulu teknik budidaya nya. 

Jika ada kejadian bunga tanaman cabai anda rontok/gugur, coba analisa dan ingat-ingat, kira-kira mana penyebab nya. 
Jika sudah tau penyebabnya tinggal anda ambil langkah solusinya.  Perlahan namun pasti tanaman cabai anda akan pulih kembali. 

Semoga bermanfaat...!!!!!  
Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, mohon bagikan ke saudara,  kerabat atau teman anda yang lain,  supaya dapat membantu mereka juga yang blm tau. 
Sekian dan Terima Kasih.  😉😉

Salam hangat 


Aritikel lain :



2 comments:

  1. asik, ada tempat buat saya belajar pertanian

    ReplyDelete
  2. Iyaa mas, mudah² an bermanfaat 😉😉

    ReplyDelete

Silakan kasih komentar kalian dibawah

Artikel terkait

Bagaimana cara mengatasi penyakit Patek/antraknosa atau krepek

Bagaimana sih cara mengatasi penyakit patek /antraknosa/krepek pada tanaman cabai??  Petani memang sedikit dbuat kewalahan dengan penyakit...